Novelty Artikel
Sebuah Postingan tentang Novelty Artikel, Selamat Membaca :)
a. Judul Artikel
Cognitive Style as A Correlate of Senior
Secondary School Students
Achievement in Physics at Sokoto State, Nigeria
b. Penulis
Afees Akanni Amuda1*, Abdulrasaq Oladimeji
Akanbi2
c. Jurnal publikasi
dan link
Dipublikasi Indonesian Journal of Educational Research (IJER)
https://www.ijer.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/ijer/article/view/178
d. Novelty dan
analisis statistic
Banyak dilakukan penelitian tentang gaya kognitif
terhadap prestasi belajar siswa, berbagai kesimpulan juga didapatkan dengan
hasil yang tidaklah sama, tampak bahwa temuan tentang hubungan antara gaya
kognitif dan prestasi siswa tampak tidak meyakinkan. Peneliti seperti Janta dan
Marsan (2007); Theen dan Abdullahi (2008); Janta (2014) dan Musya (2015) dalam
studi mereka yang berbeda melaporkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara
gaya kognitif dan prestasi siswa. Sedangkan Oludipe (2014) dan Ahiauzu (2017)
semuanya melaporkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya
kognitif dan prestasi belajar siswa. Berbagai penelitian yang disebutkan,
dilakukan pada berbagai mata pelajaran non fisika seperti ilmu social,
matematika, dan biologi.
Keterbaruan yang dimunculkan adalah penyelidikan gaya kognitif sebagai
korelasi prestasi siswa sekolah menengah atas dalam fisika di Sokoto State,
Nigeria.
Analisis statistic yang digunakan adalah analisis pearson
product moment, dengan hasil sebagai berikut.
Hasil Pearson Product Moment Correlation (PPMC)
menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan (r = -.072, p>.05,
df = 729) antara gaya kognitif siswa dengan prestasi belajar fisika dengan
p-value lebih besar dari 0,05 (0,53), menunjukkan signifikansi, sehingga
hipotesis 1 tidak ditolak. Ini menyiratkan bahwa hubungan antara gaya kognitif
siswa dan prestasi siswa dalam fisika lemah, sehingga berdampak negatif pada
prestasi mereka sebagian besar minimal.
e. Manuscipt
Artikel
Komentar
Posting Komentar